Motor, Bensin dan Pohon.

Bismillah . . .

Salam Sejahtera Guys.

Hari perdana Uda DJbikers ngantor di tahun 2018, hari ini berasa sedikit santai. Maklum Penjualan Dealer belum begitu aktif ini hari. Cuma ada beberapa Konsumen Walk in yang mampir dan bertanya soal motor hari ini. Jualan Dealer biasanya baru mulai mentereng selepas minggu pertama, secara program-program penjualan baru nongol di tanggal-tanggal segitu, plus tentu saja Leasing juga baru mulai On fire lagi selepas Closing tahunan di ujung tanggal Desember kemarin.

Hari ini kebetulan baca-baca artikel berita di internet, terutama yang berhubungan dengan Dunia Pemasaran Sepeda Motor. Yaappss, hari ini baca-baca berita terupdate dari Blogger-blogger Top Indonesia. Kali aja ada bocoran soal line up produk Motor-motor yang bakal diluncurkan, baik oleh Merek Honda, maupun merek lainnya. Momen peluncuran produk baru biasanya sering bikin penasaran gitu. Secara pihak Pabrikan pintar sekali mengemas momen tersebut dengan berbagai alur proses pengenalan sampai akhirnya produk motor baru tersebut nongol juga di jalanan Indonesia. Baik berupa Teaser di media sosial yang membuat semua orang menerka-nerka bakal seperti apa wujud motor baru tersebut, hingga ke spek teknis motor yang seringkali menarik untuk dinanti seberapa hebat performa motor-motor yang bakal brojol tersebut.

Persis seperti satu setengah tahun silam, saat Honda akhirnya meluncurkan motor sport 250cc paling mutakhir di Indonesia, siapa lagi kalau bukan All New Honda CBR250RR. Dimana saat world premiere, belum ketahuan seberapa besaran Tenaga dan torsi motor tersebut. Hingga akhirnya saat telah dijajal oleh Marc Marquez di Sentul pada 3 November 2016 silam, baru deh gamblang ketahuan tenaga 38,7hp dan torsi 23,3Nm nya. Plus fitur-fitur kelas dunia seperti Throttle By Wire, Upside Down Showa dan desain motor yang waawww . . ., sangat memukau. Maka tak heran akhirnya All New Honda CBR250RR didaulat dengan gelar prestisius Indonesia’s Bike of The Year 2017. Sebuah gelar bergengsi yang menandakan untuk motor sport 250cc terbaik yang ada di pasaran, All New Honda CBR250RR adalah pemenangnya.

Tahun ini saja, Honda dan pabrikan motor lainnya bakal meluncurkan banyak sekali Varian baru, baik motor tipe Sport, Bebek maupun Skutik. Karena memang, porsi kue jualan motor di negeri pecinta motor ini masih sangat menggiurkan hingga minimal tujuh tahun kedepan. Tengok saja data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) sepuluh tahun terakhir, masih berkisar dari 5 s/d 8 juta unit motor baru terjual setiap tahunnya. Khusus untuk tahun ini, sekalipun Perekonomian Nasional masih pasang surut, diprediksi setidaknya bakal menyamai penjualan motor tahun kemarin di angka 5,9 juta unit. Artinya apa, jika kota-kota besar seringkali mengalami kemacetan di tahun 2016 silam, bayangkan dengan pertambahan sekian banyak kendaraaan bermotor di tahun 2017 kemarin. Gurih, pangsa pasar motor masih sangat gurih di negeri ini. Rasio kepemilikan Motor di negeri ini masih belum sejenuh negara lain. Dengan kata lain satu motor di negeri ini masih  dipakai lebih dari tiga orang, bandingkan dengan Thailand yang notabene juga merupakan basis produksi dari banyak merek otomotif terutama untuk pasar Asia.

Dan tak pelak, kondisi ini cepat atau lambat bakal makin menguras cadangan BBM dunia, terutama di Indonesia yang masih setia mengimpor BBM sampai hari ini. Dan bayangan akan peningkatan emisi gas buang terutama di kota-kota besar, diiringi penyakit terutama berkaitan dengan saluran pernapasan, yang bakal datang menerpa warga daerah perkotaan  yang padat penduduk seperti di Pulau Jawa sana.

Pertanyaannya, sudahkah kita siap dengan kondisi tersebut Guys?

Pernahkah sebentar saja kita membayangkan BBM habis dari pasaran? Atau terbayang betapa peningkatan nilai inflasi saat harga bahan bakar melonjak tajam di tengah kondisi ekstrim yang bisa saja terjadi kurang dari tujuh tahun kedepan itu? Berat Guys, jika sampai kejadian, walaupun hitungan hari saja, transportasi bakal lumpuh total perlahan-lahan. Punya motor gede super kencang sekalipun, atau punya motor seirit Honda Revo FI sekalipun yang konsumsi BBMnya tembus 62km/ liter, tetap bakal percuma. Motornya gak bisa jalan soalnya. Kebayang gak Guys?

Bahan Bakar Minyak di negeri kita udah dalam ambang batas gawat. Setahun nilai impor BBM mencapai 140 juta barel. Tujuh tahun kedepan mau impor sampai berapa banyak lagi kan! Baca.http://industri.bisnis.com/read/20170426/44/648331/impor-minyak-bbm-ri-bakal-terus-meningkat

Perlu usaha untuk terus menjamin kelangsungan hidup kita melalui stok BBM nasional. Yaa ini mungkin udah dalam kepala para pejabat terkait di negeri ini, tapi akankah kita masih berleha-leha sambil membiarkan pemborosan terus terjadi? Kok pemborosan? Iya, ada beberapa alasan kenapa disebut begitu. Salah satunya ya akibat kesalahan prosedur pemakaian Motor itu tadi juga. Baik salah pengoperasian seperti salah dalam pembawaan, dari modifikasi yang tidak standar pabrik lagi, hingga ke salah dalam pemeriksaan kondisi motor yang dipakai setiap harinya.

Oke deh, semoga nanti Pihak terkait dalam hal ini Kementrian ESDM, praktisi dan para ahli dapat menggalakkan penemuan dan pemakaian BBM alternatif biar cadangan BBM kita gak duluan habis. Namun sebagai bagian dari Produsen motor dalam hal ini Dealer, tentu ada kiat-kiat yang dapat dilakukan agar masyarakat pemakai Sepeda Motor mampu lebih bijaksana dan lebih tepat guna selama berkendara. Aneka tips-tips berkendara yang benar, pemeriksaan kondisi motor secara berkala, hingga ke sosialisasi pemakaian motor untuk lebih bermanfaat bagi masyarakat. Simpel sih, tapi penting. Lihat saja di jalanan, banyak Emak-emak zaman now yang berkendara aneh gitu. Motor digas namun jari masih nyantol di tuas rem, atau pengendara yang sering gak sadar tekanan angin ban motornya kelewat lunak hingga memperberat putaran roda, atau yang seringkali naik motor maksa satu motor untuk sekeluarga dua dewasa dengan dua atau tiga anak-anak.

Terakhir, Pohon. Kita butuh lebih banyak pohon Guys. “Emang ada hubungannya dengan motor?” Ada, sangat jelas ada. Makin banyak motor, kita perlu lebih banyak pohon untuk mengimbangi Polusi yang dihasilkan dari jutaan knalpot motor baru yang bertambah setiap tahunnya. Di tahun Shio Anjing Bumi ini, mari kita lebih peduli dengan Bumi kita yang sudah semakin menua. Salah satunya dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti menanam pohon misalnya. Yaa walaupun secara hitungan emisi gas buang, motor-motor Honda saat ini udah lulus standar Euro 3, tetap saja tahun ini Honda penyumbang penjualan dan emisi gas buang knalpot motor terbesar di Indonesia. Artinya apa? Semestinya pihak Pabrikan juga lebih peduli dengan kampanye One Honda One Tree misalnya.

Kebayang kan Guys, jika terwujud, lima tahun kedepan kita juga yang bakal memetik manfaatnya dari pohon-pohon yang kita tanam tadi. Ada sekitar 75% market share yang dikuasai Honda tahun ini dari motor yang telah terjual sebanyak 4,1 juta unit dari 5,4 juta unit motor baru yang udah pindah dari pabrik ke rumah masyarakat Guys.  Jika separonya saja tanemin bibit pohon mulai dari halaman rumah masing-masing, pas udah besar nanti dan berbuah, weiisss, adem Guys. Potensinya terbuka lebar kok menurut saya. Baca  https://tmcblog.com/2017/12/15/data-penjualan-sepeda-motor-januari-november-2017-telah-terdistribusi-547-juta-unit/

Kita butuh Pohon lebih banyak lagi, bahkan jika perlu lebih banyak ketimbang motor yang terjual setiap tahunnya. Atau mungkin ada pabrikan yang bisa buat gebrakan gitu mungkin, seperti satu pohon untuk satu motor baru mungkin. Tapi pohonnya yang berkayu ya, jangan pohon Tauge pula. wkwkwkwkwkwkwk

Pohon, selain sebagai penangkal emisi, ada sederet manfaat lainnya yang tentu akan lebih produktif jika pohon yang nanti ditanam merupakan pohon seperti dalam gambar kita waktu zaman sekolahan dulu. Misalnya pohon Buah-buahan, masih pada ingat gak Guys gambar waktu SD dulu, rata-rata kalau pada gambarin pohon, daunnya lebat, ada buahnya, plus kayunya besar. wkwkwkwkw

Opini sekaligus Impian sih, tapi jika terwujud tentu akan sangat istimewa. Yaa yang orang kota pasti kebayanglah gimana sumpeknya jalanan perkotaan selepas jam 10 pagi gitu, beda jauh ama kami orang desa (pinggiran kota) yang masih jumpa jalanan dengan pemandangan ratusan pohon di kiri kanan jalan yang bikin sejuk mata sepanjang perjalanan. Sekianbanyak anak motor yang Uda DJbikers tanyain kemana rute turing favorit mereka, rata-rata menjawab ke lokasi Wisata alam, alias spot lokasi yang pemandangan alamnya indah. Kenapa? Karena bisa cuci mata, lihat pemandangan alam keren gitu bikin djiwa tetap muda Guys. Apalagi nyemplak motor keren seperti DJbikers sering bawa turing ni, yakni All New Honda CRF250Rally, peraih titel Indonesia’s Best Dual Purpose Bike 2017. Rute on road maupun off road semua dilibas dengan lancar djaya gitu. Yaa kebanyakan memang ke areal kaki gunung gitu, atau ke pantai, dan ke berbagai destinasi lokasi turing yang asyik punya. 22007853_1868846046765244_6224578724655356967_n

Sekarang tinggal bagaimana caranya mewujudkan Opini impian ini. So, saat kalian berencana mau beli motor baru, sanggup gak nyisihin duit barang seratus ribuan buat beliin bibit pohon gitu minimal mulai dari halaman rumah kalian Guys ?23795278_1897206237262558_706141122870768736_n

Satu pohon untuk satu motor, rasanya boleh diterima akal sehat lah ini . . .

 

By. DJbikers

 

1 Trackback / Pingback

  1. Aksi CSR penanaman 290 bibit pohon oleh FIFGROUP Cabang Garut, manfaatnya jangka panjang, DJB Salut | DJBikers

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*