Honda Forza akhirnya menyapa Ranah Minang, OTR Sumatera Barat Rp 77.140.000

Bismillah . . .

Selamat siang Guys, salam sejahtera bagi kita Semua. Well, DJB punya gebetan baru ini, skutik bongsor yang menjadi Flagshipnya dari motor matic Honda, yang terbaru di penghujung tahun ini, Honda Forza.

Honda Forza, skutik berkubikasi 250cc yang masuk dalam kategori Premium Unit ini, hadir ke Indonesia sejak beberapa bulan silam lewat ajang pameran Motor berlevel Internasional bernama GIIAS Agustus silam di ibu kota Jakarta. Nah, akhirnya skutik bongsor ini menyapa ibu kota Provinsi Sumatera Barat melalui Main Dealer Honda Hayati Pratama Mandiri.

Kelihatan bongsornya ini skutik, Rider dengan postur mirip DJB yang memiliki kapasitas 80kg dan dimensi 174cm aja masih keliatan imutnya

DJB berkesempatan memelototin bahkan langsung merasakan bagaimana rasanya “menaiki” motor dengan harga OTR yang jauh lebih mahal ketimbang motor dengan kubikasi serupa seperti Honda CBR250RR ABS dan skutik kompetitornya Yamaha X-Max. Tapi tentu ada harga ada rupa juga, penasaran kan apa yang menjadi alasan dibalik harga OTR Honda Forza yang tembus 77 juta itu?

Sisi depan

Honda Forza dilengkapi dengan Bodi yang sangat Sporty, ibarat kata skutik dengan bodi bongsor ada banyak, namun Honda Forza hadir dengan kelebihan lewat desainnya. Lampu depan yag Full LED, dengan lampu sein yang nyantol di belakang spion, khas Moge gitu, menambah kesan desain Honda Forza jauh melebihi ekspektasi para Bikers berduit yang paham bagaimana cara bersenang-senang menikmati hidupnya dengan motor. Desain yang sporty abisss, plus pencahayaan yang berkesan mewah berkat lampu LED di setiap titik pencahayaan, memberikan kesan ekslusif bagi motor ini bahkan disaat motor ini dalam kondisi parkir.

Desain bodi depan Honda Forza, terkesan kekar dan padyan warnanya juga menambah kesan sangar motor ini
Posisi lampu sein yang menyatu dengan Spion, kesan ekslusif dan modern terpancar dari kedipan lampu seinnya
Tampilan roda depan Honda Forza, terlihat perangkat pengereman seperti piringan cakam, kaliper, rotor ABS dan Velg Palang 12
Penampakan bodi depan Honda Forza saat lampu depan dinyalakan, cahaya putih lampu LEDnya mewah Guys

 

Sisi samping

Nah, garis desain dan lekuk bodi Honda Forza memang mirip sekali dengan Forza yang kita liatin di artikel atau majalah Otomotif luar negeri. Ya maklum sih, produk global yang pastinya bakal menjadi prestise bagi pemiliknya. Secara desainpun, Honda Forza kelihatan kesan sportynya yang juga cenderung berotot khas motor besar. Plus desain jok, hingga sekujur bodi motor ini dari depan hingga belakang, memancarkan keindahan dari seni sang desainer dari Honda Forza ini sendiri.

Penampakan Honda Forza dilihat dari sisi kanan, so seksi

 

Dimensi Honda Forza saat didekatkan dengan beberapa unit motor Sport Honda lainnya

Sisi Belakang

Dan dari sisi belakang pun, bokong Forza sungguh keliatan berisi dengan dimensi yang proporsional. Lampu rem dan lampu sein mudah dilihat dari belakabg, serta tak lupa, desain lampu remnya pun juga keren banget berkat pengaplikasian 9 titik Lampu LED berwarna merah, sehingga kelihatan kontras dengan dimensi keseluruhan mika lampu belakang, namun pencahayaannya tergolong cukup baik. Pas lah dengan konsep motor ini yang Pure Prestigious.

Padat, semok banget ini motor dilihat dari belakang

 

Kondisi lampu belakang Honda Forza saat tuas rem tidak ditarik
Kondisi lampu rem Honda Forza saat tuas rem ditarik

Kaki-kaki

Dan ini salah satu bagian yang penting, yakni desain kaki-kaki yang tentunya harus cakep untuk ukuran motor seharga Honda Forza ini. AHM sepertinya sadar, kaki-kaki wajib kekar untuk motor dengan dimensi seperti Honda Forza. Dan tak ayal, sepasang karet bundar bermerek IRC buatan Thailand dipasangkan ke roda Honda Forza dengan ukuran 120/70-15″ dan 140/70-14″ jadi penunjang bodi kekar harus diimbangi dengan kaki-kaki yang kekar juga.

Ban belakang bermerek IRC dengan ukuran 140/70-14″ paling kekar persis dengan bodinya yang juga kekar punya

 

Serasi dengan bodi belakang Honda Forza, ban gambot untuk kestabilan bermanuver saat berkendar terutama di tikungan
Lampu Rem dengan sembilan titip pencahayaan, berkesan modern banget pokoknya
Penampakan Knalpot Honda Forza dari belakang
Penampakan knalpot Honda Forza

Panel Meter 

Dan ini bagian yang paling khas dari sebuah motor, Panel meter. Dengan konsep Multi Information Display, Honda Forza memiliki Dashboard yang keren dan informatif. Lihat saja dengan model Combined Digital, ada informasi mengenai Kecepatan, Putaran mesin, Kondisi Bahan Bakar, Tegangan Aki, Odometer, Temperatur mesin, Temperatur udara, Konsumsi BBM rata-rata, dan masih banyak lagi. Semua tersaji lengkap di dashboard dengan intensitas cahaya yang dapat disetel dalam 5 model pencahayaan dari redup hingga terang. Panel meter Honda Forza juga terintegrasi dengan dua tombol Info A dan Info B di stang sebelah kiri yang dapat mengamati kondisi konsumsi BBM rata-rata, odometer dan range/ jangkauan motor untuk berkendara dengan pemakaian BBM yang telah dipakai.

Panel meter dengan model Combined Digital yang informatif dengan menyajikan berbagai informasi seperti kecepatan, putaran mesin, jarak tempuh, kondisi BBM, Jam, dll

 

Nah, untuk panel meter, nanti akan DJB ulas dalam artikel terpisah, saking komplitnya, panel meter Honda Forza ini memang menyajikan berbagai informasi yang berguna saat berkendara, salah satunya adalah Speedometer, Rpm meter, Odometer, Fuel meter dll. Dan sekilas, kalian bisa lihat juga di video singkat DJB berikut ini Guys

Helm dan Jaket

Dan bagian terakhir dari Honda Forza tentu sama seperti motor produksi massal lainnya, kelengkapan berkendara. Yaaps, untuk helm dan jaket, untuk setiap pembelian Honda Forza juga mendapatkan masing-masing helm dan jaket standar. Untuk Helm sendiri tipenya TRX 3 dan jaket tipe standar berbahan parasut.

Tentu hal ini tak luput dari pengamatan netijen, maklum untuk helm tentu ekspektasi awal banyak orang sih helmnya sendiri akan memiliki spek yang wah. Tapi rupanya tidak, AHM hanya memberikan helm standar tipe Open Face bermerek TRX 3 Guys. Yaa cukup sih untuk pemakaian harian. Namun namanya Bikers, mungkin gak semua juga bakal lebih memilih memakai helm Standar bawaan motor untuk keseharian. Hal ini balik ke selera sih, maklum Bikers punya selera yang beda-beda terkait apparel. Nah, seperti apa wujud helm bawaan untuk Honda Forza? ini dia Guys

Dilihat lebih dekat
Penampakan dari sisi kiri

Well, demikianlah penampakan fisik dari Honda Forza yang baru aja menyapa Ranah Minang di provinsi Sumatera Barat tercinta. Motor Matic memang, tapi tetap speknya bukan Matic biasa. Forza ibarat Matic yang menjadi lambang pembeda nominal saldo di rekening pemiliknya. Dan pastinya motor dengan harga segini (77 jutaan) tentu terasa mahal karena uang segitu bisa buat beli mobil seken juga yang pastinya lebih fungsional ketimbang dibelikan motor semata. Anyway, tipikal konsumen pembeli motor sekelas Forza ini tentu bukan konsumen biasa. Dan biasanya, mereka adalah yang menyimpan motor bukan lagi di ruang tamu, melainkan udah di dalam garasi. Perlu penanganan khusus untuk tipikal konsumen Hi end seperti ini. Untuk itulah Honda melalui jaringan Main Dealernya di daerah tentunya telah menyediakan layanan yang sesuai, baik dari layanan servis berkala yang masuk ke dalam kategori Fast track alias yang gak perlu antri lagi buat servis di AHASS Wing Dealer, serta layanan ekslusif lainnya.

Tunggu review DJB langsung dengan motor ini ya Guys, nanti akan DJB buatkan dalam artikel terpisah deh.

 

Leave a Reply