Peringatan 70 tahun Balapan MotoGP, ada Rider yang salah kostum!

Bismillah…

Selamat sore Gaeees, salam sejahtera bagi kita semua. Apa kabar kalian semua hari ini, well, DJB do’akan kita semua senantiasa ada dalam keadaan sehat, lancar bisnis, dan lancar rejeki juga, Aamiin…

Hari ini, merupakan hari yang istimewa bagi dunia balap motor, terutama bagi MotoGP. Yaaapss, hari ini merupakan peringatan 70 tahun gelaran ajang balap motor terbaik di dunia, dan seluruh pebalap MotoGP yang saat ini tengah berada di sirkuit Cataluna, melakukan selebrasi dengan gaya berpakaian yang resmi. Momen istimewa ini ditutup dengan sesi foto bersama para pebalap MotoGP, namun ada satu yang unik menurut DJB, kira-kira kalian tau gak gaeeess?

Barisan Pebalap MotoGP dalam sesi Foto peringatan 70 tahun Balap Motor MotoGP di trek Sirkuit Cataluna

blob:http://www.motogp.com/b3225a0a-7409-439b-a144-b9e3b4449417

Atau kalian juga bisa lihat di video berikut;

http://www.instagram.com/p/ByqWO-Un2Pg/

Yaa, bisa dibilang mungkin Hafizh Syahrin, pebalap KTM Tech 3 yang merupakan satu dari dua orang pebalap Asia di ajang MotoGP selain Takaaki Nakagami, mungkin khilaf kali yaa. Tapi yaa itu, entah kenapa, Hafizh Syahrin buat postingan yang bernada jutek kayaknya di Instagramnya, wkwkwkwk.

My business is not your business 🤪

Sumber: Instagram @hafizh_syahrin

Namun bukan itu sih saja yang menjadi hal menarik dalam peringatan spesial 70 tahun gelaran MotoGP ini. Yang menarik adalah mendengar wawancara dari seorang mantan komentator MotoGP, yang telah bertahun-tahun menyiarkan jalannya balapan MotoGP, Nick Harris.

The MotoGP™ World Championship turns 70 years old this weekend at the Catalan GP and in conjunction with this, the MotoGP™ Podcast paid a visit to former MotoGP™ commentator and known to many as the ‘voice of MotoGP™’, Nick Harris, to chat about the history of the sport, key riders from across every era and more.

One of those key riders is nine-time World Champion Valentino Rossi, a rider Nick remembers meeting for the first in the media centre at Mugello in 1996. Little did he, or anyone, know how much of an impact the charismatic Italian would make on the sport.

“I remember meeting him, this angelic looking 15/16 year old with the long hair and in the media centre at Mugello and being told it’s Graziano’s son, because I knew Graziano as he was Barry’s great friend. I was told to keep an eye on him and I followed his progress… well, what he’s done for motorcycle racing as one single person, we’ve talked about Kenny, Barry, Geoff Duke, Ago… but he’s had the biggest impact than any single one person in 70 years.

“I don’t think there’s any shadow of a doubt about that and what he has done. And when I came back (to the sport), it was his first year in the 500s. I have actually commentated on every one of his 500 or MotoGP™ victories. But I want that fact to disappear as I’d love to see him win again! But the impact he’s made on and off the track is amazing. He is an amazing motorcycle racer, his charisma off the track… I remember going to Silverstone when they launched the new pit complex, the Wing. They’d assembled all the greats of motorsport there, from Jackie Stewart, Murray Walker, Niki Lauda, Damon Hill, you name them, they were all there.

“And then Valentino decided he was going to fly in and I tell you all the people wanted to see him, including the Formula 1 people. That had quite an impact on me. I thought this guy has just put this sport somewhere where it’s never, ever been before… When I came back in 2000, I’d have never have believed the sport would be where it is now.”

MotoGP™ Podcast host Fran Wyld was with Nick for a chat in his home town of Oxford as the conversation moved onto what sets Rossi apart off track: “It’s the charisma, an understanding of what it’s all about, and a lot of things with Valentino,” said Nick.

“We used to get him to come to London and meet the public in Leicester Square and everything else. Getting him there on time, never easy, getting him to fit into what you want to do totally – never easy. Once he was on it and started though, he was charming people, talking very cleverly. The after-race press conferences, you just ask him how the race went and you’d get the whole thing from beginning to end without me saying another word. There’d be a few expletives in it as well.

“He is absolutely an amazing sportsman. He can’t go on forever can he, or can he? He’s double the age of Quartararo and he’s in front of him in the World Championship. I do hope and I honestly believe he will win another Grand Prix in the right circumstances. Sepang last year was the real opportunity and I was so disappointed that he didn’t do it.”

Kejuaraan Dunia MotoGP ™ berusia 70 tahun akhir pekan ini di GP Catalan dan bersamaan dengan itu, Podcast MotoGP ™ mengunjungi mantan komentator MotoGP ™ dan dikenal banyak orang sebagai ‘suara MotoGP ™’, Nick Harris, untuk mengobrol tentang sejarah olahraga, pengendara utama dari seluruh era dan banyak lagi.

Salah satu pembalap utama itu adalah Juara Dunia sembilan kali, Valentino Rossi, seorang pengendara Nick yang mengingat pertemuan pertama di media center di Mugello pada tahun 1996. Sedikit sekali dia, atau siapa pun, tahu seberapa besar dampak yang akan dihasilkan oleh orang Italia yang karismatik itu terhadap olahraga.

“Saya ingat bertemu dengannya, malaikat berusia 15/16 tahun yang berambut gondrong dan di pusat media di Mugello dan diberi tahu itu adalah putra Graziano, karena saya mengenal Graziano karena dia adalah teman baik Barry. Saya diberitahu untuk mengawasinya dan saya mengikuti kemajuannya … yah, apa yang dia lakukan untuk balap motor sebagai satu orang, kita sudah bicara tentang Kenny, Barry, Geoff Duke, Lalu … tapi dia memiliki dampak terbesar daripada siapa pun satu orang dalam 70 tahun.

“Saya tidak berpikir ada bayangan keraguan tentang itu dan apa yang telah dilakukannya. Dan ketika saya kembali (ke olahraga), itu adalah tahun pertamanya di tahun 500-an. Saya sebenarnya telah mengomentari setiap kemenangan 500 atau MotoGP ™-nya. Tapi saya ingin fakta itu menghilang karena saya ingin melihatnya menang lagi! Tetapi dampak yang ia buat di dalam dan di luar lintasan luar biasa. Dia adalah pembalap motor yang luar biasa, karismanya di luar lintasan … Saya ingat pergi ke Silverstone ketika mereka meluncurkan kompleks pit baru, Wing. Mereka mengumpulkan semua hebat motorsport di sana, dari Jackie Stewart, Murray Walker, Niki Lauda, ​​Damon Hill, sebut saja mereka, mereka semua ada di sana.

“Dan kemudian Valentino memutuskan dia akan terbang dan aku katakan padamu semua orang ingin melihatnya, termasuk orang-orang Formula 1. Itu berdampak cukup besar bagi saya. Saya pikir orang ini baru saja meletakkan olahraga ini di tempat yang belum pernah ada sebelumnya … Ketika saya kembali pada tahun 2000, saya tidak pernah percaya olahraga ini akan berada di tempat itu sekarang. “

Pembawa podcast MotoGP ™ Fran Wyld bersama Nick untuk mengobrol di kota asalnya, Oxford, ketika pembicaraan beralih ke apa yang membuat Rossi berbeda: “Ini karisma, pemahaman tentang apa itu semua, dan banyak hal dengan Valentino , ”Kata Nick.

“Kami biasa membuatnya datang ke London dan bertemu publik di Leicester Square dan yang lainnya. Membuatnya tepat waktu, tidak pernah mudah, membuatnya cocok dengan apa yang ingin Anda lakukan sepenuhnya – tidak pernah mudah. Begitu dia mulai dan mulai, dia adalah orang-orang yang menawan, berbicara dengan sangat cerdik. Konferensi pers setelah perlombaan, Anda hanya bertanya kepadanya bagaimana perlombaan berlangsung dan Anda akan mendapatkan semuanya dari awal hingga akhir tanpa saya mengucapkan sepatah kata pun. Ada juga beberapa sumpah serapah di dalamnya.

“Dia benar-benar olahragawan yang luar biasa. Dia tidak bisa bertahan selamanya, bukan? Dia menggandakan usia Quartararo dan dia di depannya di Kejuaraan Dunia. Saya berharap dan saya jujur ​​percaya dia akan memenangkan Grand Prix lain dalam keadaan yang tepat. Sepang tahun lalu adalah kesempatan nyata dan saya sangat kecewa karena dia tidak melakukannya. “

Demikian komentar dari Nick Harris, “orang dalam” dari MotoGP yang puluhan tahun setia menemani jalannya balapan MotoGP sebagai seorang Komentator MotoGP yang juga sudah melegenda layaknya Valentino Rossi di trek, seperti dilansir oleh Podcast MotoGP.

Well, MotoGP ternyata udah tua. 70 Tahun tentu bukan lagi waktu yang singkat, yaa sebaya ama kakek nenek kita lah Gaaeess. Dan sejauh ini, telah lahir beberapa orang juara dunia yang menjadi pebalap terbaik di zamannya. Nah, kalian udah tahu siapa aja mereka? Diantaranya adalah sbb;

1. Giacomo Agostini, Italia (15 kali)
2. Ángel Nieto, Spanyol (13 kali)
3. Valentino Rossi, Italia (9 kali)
4. Mike Hailwood, Inggris (9 kali)
5. Carlo Ubbiali, Italia (9 kali)
6. John Surtees, Inggris (7 kali)
7. Phil Read, Inggris (7 kali)
8. Marc Márquez, Spanyol (6 kali)
9. Geoff Duke, Inggris (6 kali)
10. Jim Redman, Rhodesia (6 kali)

Dan saat ini memang, hanya Valentino Rossi yang masih aktif, dan tentu bagi kalian yang generasi Y, tahu betul betapa melegendanya pria itali ini. Tapi melihat rekor demi rekor yang telah dibuat oleh Marc “Baby Alien” Marquez sejak keikut sertaannya di ajang MotoGP dari tahun 2013 silam, berpeluang besar untuk menyamai rekor dari Mbak Vale. Maklum, performa motor kelas satu dan skill ciamik, membuat Marquez sulit dicari lawannya. Kombinasi keduanya telah menghasilkan gelar juara dunia sebanyak lima kali di kelas Premier 1.000cc. Dan rasanya, tahun inipun Marquez adalah penantang utama gelar juara dunia MotoGP, yang bisa dibilang, penampilannya semakin mengkhawatirkan lawan-lawannya di kelas para raja ini.

Balapan MotoGP sendiri akan belangsung besok lusa, dari sirkuit Cataluna Barcelona, Spanyol. Dan sebagai bagian dari seri Eropa, seri Cataluna ini tentu saja menarik untuk ditunggu, maklum balapannya siap Magrib, cocoklah untuk fans MotoGP di benua Asia yang gak harus begadang kaya nonton seri Amerika, wkwkwkwk.

Oke, sekian dulu dari DJB, semoga bermanfaat bagi kita semua ya gaeees. DJB mau siap-siap berangkat ke arena Pekan Raya Jakarta dulu, penasaran ada apa aja sih di arena PRJ tahun ini. Nanti DJB bakalan bikin beberapa konten buat video di channel Youtube DJB, jangan lupa like, komen dan subscribe ya gaeeess…

By: DJBikers

https://www.youtube.com/channel/UCA543t1to-B9IF54P7IWzcQ

Leave a Reply