Sambut MXGP Palembang, AHRT Luncurkan Tim Balap Motocross

Bismillah…

Selamat malam Gaees, apa kabar kalian semua malam minggu ini? Well, semoga tetap sehat, tetap happy yaa gaeesss.

Kejutan, kejutan hadir dalam rangkaian gelaran iven akbar balap motocross MXGP seri Indonesia yang dilangsungkan di Palembang, 6-7 Juli 2019. Yaapss, kejutan yang sempat dibocorkan oleh akun Instagram Astra Honda Racing Team pada 5 Juli kemarin, ternyata terjawab hari ini.

Coming Soon! . . Skuad terbaru #astrahondaracingteam . Ada yang tahu? Sumber: IG AHRT

Yaapss, Astra Honda Racing Team, divisi Balap motor yang dimiliki oleh PT. Astra Honda Motor ini ternyata membuat gebrakan dengan meluncurkan tim balap Motocrossnya, sebuah hal yang sebelumnya tidak diduga oleh banyak pihak, termasuk DJB pribadi. Ternyata, AHRT diam-diam juga memiliki tim balap motor khusus garuk tanah, yang diperkuat oleh pebalap andalan Muhammad Delvintor Alfarizi dan akan berlaga di kelas MX2 250cc (setingkat kelas Moto2 di ajang balapan MotoGP). MX2 sendiri merupakan kelas kedua dibawah kelas utama yakni MXGP (setingkat kelas MotoGP di balapan MotoGP)

Launching Tim Balap MXGP AHRT oleh pejabat AHM kiri Thomas Wijaya, tengah Delvintor Alfarizi, kanan: Toshiyuki Inuma

Nah, tentu kalian masih penasaran dong akan sosok Delvintor Alfarizi ini, sama DJB juga. Dan itu semua dijawab sendiri oleh AHRT melalui rilis di akun IGnya AHRT, yang mengungkap siapa sosok seorang Delvintor atau yang akrab disapa Adel ini.

Lebih Dekat dengan @delvintoralfarizi25 . . Usianya baru 17 tahun. Memulai balapan di usia 6 tahun. Menjadi juara nasional di kelas 65cc di usia 13 tahun. Di usia 14 tahun menjadi runner up kelas 85 cc. Tahun 2018 merebut juara nasional MX2. . . Kepiawaiannya menjinakkan motor garuk tanah dipelajari dari crosser-crosser terbaik nasional dan Internasional Berguru skill balap sampai ke Eropa. Mulai Belanda hingga Spanyol. Bersama #astrahondaracingteam @delvintoralfarizi25 akan terus mengejar mimpinya. Bertarung di kejuaraan motocross kelas dunia. Makanya, selain balapan di kejuaraan nasional MX2, kroser yang akrab disapa Adel ini dua kali diterjunkan sebagai wildcard di Kejuaraan Dunia MXGP di kelas MX2. Di MXGP Palembang dan Semarang minggu depan. . . #satuhatiuntukindonesiajuara #HondaMXGP2019 #mxgppalembang2019 #MXGPIndonesia #MXGP #Motocross #CRF #CRF150L #CRF250Rally

Yaaps, doi memang masih muda, 17 tahun. Namun soal skill dan prestasi, Adel juga udah dikenal di ajang balap Motocross dalam negeri, karena menjadi juara nasional tahun lalu di kelas Kejurnas MX2 250cc. Dan doi juga memantapkan skill balapnya hingga ke luar negeri, dengan berlatih menimba ilmu untuk dapat berada di posisinya saat ini sebagai pebalap Motocrossnya AHRT.
DJB makin penasaran sejak tadi, dan langsung kepoin akun Instagramnya doi, dan wooow, memang doi terlihat udah banyak terjun di trek Motocross dalam dan luar negeri, pertanda doi memang merupakan pilihan yang tepat oleh AHRT sendiri, sebagai tim balap Indonesia yang sekarang juga merambah ke balap garuk tanah dan mendapatkan wildcard untuk berlaga di ajang MXGP Indonesia Palembang dan Semarang.

Praise and gratitude to him 🙏 2018 MX2 INDONESIAN CHAMPION 🥇 thanks to my team and all the people who support me! ❤️

Dan bagaimana dengan persiapan balapan MX2 besok? Yaaps, Delvintor telah mengikuti sesi kualifikasi tadi siang dan menempati posisi ke-19. Bukan posisi yang ideal untuk balapan, namun karena MXGP punya sedikit perbedaan peraturan terutama soal start dengan balap motor lainnya, kita tetap berdoa semoga Delvintor mampu memberikan hasil terbaik demi Indonesia besok.

Hasil kualifikasi MX2, Delvintor menempati urutan ke-19.

Mengenal Balapan MXGP

Nah, MXGP ini balapan apaan sih, atau MXGP ini persaingannya seperti apa sih? Nah berikut sekilas informasi mengenai apa itu balapan MXGP.

Disadur dari Detik.com, MX GP adalah event balap motocross paling elit di dunia. Sama seperti MotoGP, event ini juga berada di bawah FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme). Seri dunia motocross ini sudah berusia cukup tua, pertama digelar pada 1957 silam.

MESIN

Seperti halnya MotoGP, seri MXGP juga dibagi dalam beberapa kelas berbeda. Pada pertengahan dekade lalu event ini dibagi dalam dua kelas yakni MX1 dan MX2. Namun pada 2014 FIM memutuskan untuk melakukan perubahan: MX1 diubah menjadi MXGP, sementara MX2 bertahan dengan nama yang sama. 

Apa perbedaannya?

MXGP menggunakan mesin dua langkah berkapasitas 250cc hingga mesin empat langkah berkapasitas 450cc. Sementara kelas MX2 diperuntukkan bagi mesin dua langkah 125cc hingga mesin empat langkah 250cc. 

BALAPAN

Balapan umumnya dilangsungkan hari minggu, sementara sesi latihan dan kualifikasi dihelat sabtu. Sesi kualifikasi akan menentukan berada di posisi mana pebalap akan berada.

Berbeda dengan MotoGP, balapan motocross menempatkan seluruh kontestan pada garis start sejajar. Pebalap yang mendapat hasil terbaik di kualifikasi berhak memilih di sisi (gate) mana akan memulai balapan. 

Pebalap posisi dua terbaik kualifikasi akan berada di sampingnya, pebalap tercepat ketiga ditempatkan di samping posisi dua. Begitu terus begitu sampai pemilik catatan waktu terburuk akan berada di sisi start yang berbeda dengan pemilik pole position.

Setiap seri MXGP terdiri dari dua balapan. Masing-masing balapan tersebut berdurasi 30 menit plus dua lap.

POIN DAN PENENTUAN PEMENANG

Pebalap yang memenangi balapan akan mendapat 25 poin. Pebalap di posisi dua dan selanjutnya akan berturut-turut mengantongi 22, 20, 18, 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, dan 1 poin.

Karena setiap seri terdiri dari dua race, maka satu pebalap bisa mendapat nilai maksimal 50 (dengan asumsi dia menang di kedua race). Pemenang sebuah seri akan didapat dengan menjumlahkan poin yang diraih pada kedua race tersebut. Jika ternyata ada dua pebalap mendapat jumlah poin yang sama, maka hasil balapan kedua akan jadi penentu posisi.

Pebalap dengan poin terbanyak di akhir musim akan dikukuhkan sebagai juara dunia. 

MESIN ATAU ORANG?

Dibanding ajang balap motor lainnya, motocross diklaim sebagai event yang paling banyak menuntut kondisi fisik dan skill pebalap. Kondisi trek dengan segala tantangannya menuntut banyak hal dari setiap rider. 

Tentu saja, mesin yang disetting sempurna dan sesuai dengan gaya setiap rider, handling yang oke, serta suspensi juga punya peran sangat penting. Namun bagian paling vital berada pada teknik, kondisi fisik, serta kondisi psikologi dan kekuatan mental pebalap.

MOTOR DAN PABRIKAN

Pabrikan-pabrikan motor top dunia banyak yang berpartisipasi di ajang MXGP ini. Ada KTM, Kawasaki, Husqvarna, Suzuki, serta Honda dan Yamaha. Dan untuk AHRT sendiri, karena berlaga di kelas MX2, maka Delvintor akan menggunakan motor Honda CRF250R, CRF versi balapan yang diimpor dari luar negeri, dengan spek yang mumpuni untuk melibas trek MXGP Palembang besok.

CRF250R 2019


Sumber:
https://sport.detik.com/sport-lain/d-3434604/mengenal-mxgp-motogp-nya-balapan-motocross

Nah, AHRT memang jagonya balap motor di tanah air dan di level Asia. Jika di balap motor aspal, AHRT dua kali membawa pebalap tanah air menjadi juara Asia lewat Gerry Salim dan Rheza Danica, semoga di ajang balap motocross, AHRT dan Delvintor mampu memberikan hasil terbaik bagi Indonesia besok, dan minggu depan di seri berikutnya di Semarang, serta di seri balapan Motocross selanjutnya, Aamiin…

Bravo AHRT, Bravo Indonesia, Satu HATI untuk Indonesia Juara…

Leave a Reply