Mengenal Asia Talent Cup, Balapan Moto3nya pebalap Asia Oceania

Bismillah…
Selamat siang gaeesss. Balapan Asia Talent Cup 2019 baru saja berakhir kemarin, sebuah ajang balapan yang hadir untuk menyaring bakat-bakat dunia balap motor dari Asia. Di balapan yang menyisakan duka mendalam bagi Indonesia itu, terpantik fakta yang belum banyak orang tahu. DJB yang telah beberapa tahun terakhir mengikuti perkembangan balapan Asia Talent Cup tersebut, mencoba merangkumnya dalam satu bentuk artikel.
Artikel singkat, namun jujur DJB menulisnya dengan terbayang sosok Mendiang Afridza Munandar, pebalap terbaik di ajang ini, yang telah membuka mata dunia, bahwasanya pebalap Indonesia juga mampu bersaing di ajang balapan Internasional. Pebalap yang mengorbankan banyak hal demi Negaranya, dan kini dia telah pergi…

Logo balapan Asia Talent Cup dengan sponsor utama Idemitsu

Idemitsu Asia Talent Cup bertujuan untuk memberikan pembalap muda dari Malaysia, Jepang, Indonesia, Malaysia, Turki, Australia, Filipina & Thailand dan seluruh wilayah Asia batu loncatan menuju balap di lintasan.

Salah satu tujuan utama Dorna adalah menciptakan platform yang beragam untuk mempromosikan pembalap muda di berbagai negara, untuk memastikan pengembangan generasi baru pembalap berbakat baru, yang pada akhirnya akan menggantikan bintang-bintang MotoGP ™ dan WorldSBK saat ini. Ide dasarnya adalah organisasi kompetisi pada mesin yang sama untuk semua pengendara, dengan karakteristik berbagi mesin dengan motor yang digunakan di MotoGP. Ini adalah sepeda motor yang menggabungkan beberapa mekanik dasar, gaya berkuda dan fitur set-up, tetapi juga memungkinkan pengendara muda untuk bersaing di tingkat tinggi.

Salah satu proyek ini untuk Asia dan Australia adalah Road Racing FIM Asia Talent Cup, yang pada 2017 akan disebut Idemitsu Asia Talent Cup. Pengendara yang berpartisipasi berasal dari negara-negara seperti Jepang, Indonesia, Malaysia, Thailand, Australia dan Turki.

Kompetisi ini melihat bintang-bintang Asia di masa depan berpartisipasi dalam kejuaraan sepuluh balapan yang diadakan selama lima putaran sepanjang tahun, dengan semua pembalap menggunakan motor Honda NSF250R Moto3 ™ yang dihomogenisasi.

Musim dimulai pada bulan Februari di sirkuit Sepang, dengan dua hari latihan untuk pengendara yang dipilih, memungkinkan mereka untuk berkenalan dengan sepeda motor mereka untuk musim yang akan datang. Dua hari pengujian yang intens memberi mereka pandangan lebih dekat pada karakteristik Honda NSF250R Moto3 ™, mesin kelas dunia dalam hal kinerja. Pengendara mempelajari lintasan dan respon suspensi, sementara juga mendapatkan pemahaman tentang batas rem, sebuah tantangan bagi pengendara muda berbakat saat mereka melangkah ke mesin yang lebih menuntut ini.

Kalender lomba menampilkan kunjungan ke Thailand (Chang), Qatar (Losail), Jepang (Suzuka dan Motegi) dan Malaysia (Sepang). Balapan berlangsung selama putaran MotoGP ™ atau WSBK di sirkuit yang disebutkan di atas, atau dalam acara terpisah yang diselenggarakan hanya untuk kejuaraan.

Peran Dorna tidak terbatas pada organisasi kompetisi. Sejalan dengan ini, Dorna mengelola proses seleksi untuk musim berikutnya. Pertama melalui kampanye promosi yang intens untuk mengundang aplikasi dari pengendara yang tertarik di lebih dari 15 negara, termasuk Jepang, Malaysia, Australia, Selandia Baru dan Thailand, antara lain. Setelah proses pendaftaran selesai, panitia seleksi mengevaluasi dan mempelajari aplikasi dan membuat seleksi pertama. Para kandidat kemudian diundang ke acara seleksi pada bulan Oktober, di Sirkuit Internasional Sepang. Setelah hasilnya dievaluasi, daftar 22 pembalap yang dipilih untuk edisi baru Piala diumumkan.

Alberto Puig, pembalap Grand Prix di tahun 80-an dan 90-an dalam kategori 250cc dan 500cc, telah memiliki dan terus memiliki peran penting dalam proses seleksi dan dalam pengembangan 22 pembalap yang berpartisipasi sejak awal pertama. Piala Bakat Asia. Alberto Puig mengambil peran ganda sebagai direktur Piala, mengawasi berbagai aspek olahraga dari kompetisi dan juga sebagai direktur pengembangan bakat pengendara. Alberto Puig sebelumnya bekerja sebagai manajer pembalap seperti Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Toni Elías dan dalam pelatihan dan pencarian bakat para pembalap untuk MotoGP ™ Academy.

Asia Talent Cup dan Pebalap Indonesia
Tercatat beberapa pebalap Indonesia pernah berlaga di ajang Asia Talent Cup, dan hampir keseluruhannya bisa dibilang memiliki performa yang memadai untuk bersaing di lintasan. Sebut saja Gerry Salim, Andi Gilang, Mario Suryo Aji, Wilman Hammar, Agung Didu, Lucky Hendriansya, hingga yang terbaru di tahun 2019 ini tercatat ada 5 orang Putra Indonesia yang berlaga termasuk Afridza Munandar.
Balapan One Make Racenya Honda ibaratnya, dengan motor yang digunakan adalah Honda NSF250R seperti yang digunakan di balapan Moto3. Motornya termasuk kecil, satu silinder, tapi jangan kaget kalau powernya jauh diatas motor 250cc sekarang ini. Top Speed yang diklaim bisa lebih dari 215km/jam, maklum disokong power lebih dari 47HP, tentu melesatkan motor ini dengan cepat.

Para Juara Asia Talent Cup 2019, dua pebalap Jepang Sho Nishimura & Takuma Matsuyama dan satu pebalap Indonesia Mendiang Afridza Munandar

Spesifikasi Motor Honda NSF250R
Motor Honda NSF250R ini juga luar biasa. Beberapa pebalap Indonesia dibuat kesulitan dalam menjinakkan tenaga dan liarnya motor ini. Apresiasi tentu layak kita berikan kepada Mendiang Afridza Munandar yang beberapa kali menjuarai dan menapaki podium tahun ini. Dan mendiang harusnya berpeluang besar merebut juara Asia tahun ini, karena posisinya bertaut tipis di puncak klasemen. Namun takdir Allah SWT menentukan lain, kita harus kehilangan pebalap hebat dengan cara yang sungguh menyesakkan dada.


DIMENSIONS
Overall length1,809 mm (71.2 in)
Overall width560 mm (22.0 in)
Overall height1,037 mm (40.8 in)
Wheelbase1,219 mm (48.0 in)
Ground clearance107 mm (4.2 in)
Seat height standard729 mm (28.7 in)
FRAME
TypeAluminium, twin tube
Front suspensionTelescopic, inverted type
Rear suspensionSwinger, Pro-link
Front tire size95/75R17
Rear tire size115/75R17
Front brakeSingle disc 296 mm, with 4-piston caliper
Rear brakeSingle disc 186 mm, with single piston caliper
Fuel capacity11.0 liter (2.91 US gal, 2.42 Imp. gal)
ENGINE
TypeLiquid cooled 4-stroke engine
Cylinder arrangementSingle cylinder, inclined 15º from vertical
Bore and stroke78.0 x 52.2 mm (3.07 x 2.06 in)
Displacement249.3 cm3 (15.21 cu-in)
Compression ratio12.3:1
Valve trainChain driven, DOHC
Lubrication systemSemi-dry sump, forced pressure and wet sump
Oil pump typeTrochoid
FUEL SYSTEM
Throttle body typeGQD1A
Throttle bore50 mm (2.0 in)
DRIVE TRAIN
Clutch operating systemCable operated
Clutch typeWet, multi-plate
Transmission6 speeds constant mesh
Final reduction2.333 (15/35T)
Gearshift pattern1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 (1 down and 5 up)
ELECTRICAL
Fuel Delivery SystemPGM-FI
Ignition systemFull Transistor
Motor Honda NSF250R yang digunakan dalam Balapan Asia Talent Cup

Dan, tahun ini balapan ATC telah usai. Dengan segala hingar bingarnya, setidaknya para pebalap ATC memang bukan pebalap biasa. Semoga dari Asia Talent Cup ini nanti, akan terlahir para pebalap andal terutama dari Indonesia, yang dapat berlaga dan bersaing di pentas balapan yang lebih tinggi, bahkan bila memungkinkan menggapai ajang sekaliber MotoGP, Aamiin…
By: DJBikers



2 thoughts on “Mengenal Asia Talent Cup, Balapan Moto3nya pebalap Asia Oceania

Leave a Reply