Pilih Scoopy apa Genio?

Bismillah…

Selamat siang Gaeeess, beberapa kali DJB pernah ditanya ama kolega DJB, dan pertanyaannya sama, soal memilih satu dari dua tipe motor, yang keduanya kebetulan dari tipe dan segmen yang sama, Casual Fashionable Skutik.
Nah kalian pasti tau dong motor apa yang DJB maksud, yaapsss, pilihan yang belakangan ini mulai banyak terdengar membingungkan apalagi bila kita bicara merek Honda, tepatnya antara motor apa yang bakal dipilih, Honda Scoopy atau Genio.

Kedua motor ini sejatinya merupakan motor yang bisa dibilang berasal dari genre yang sama, yakni skutik. Sebagai motor pilihan jutaan orang, motor matic memang menjadi andalan bagi banyak bikers, gak hanya untuk transportasi, tapi juga udah menjadi bagian dari gaya hidup. Dan salah satu motor yang paling banyak dijadikan pilihan tentu saja Honda Scoopy, skutik fashionable yang terjual lebih dari 2,5 juta unit ini sejak tahun 2010 di seantero Indonesia.

Namun sejak kehadiran Genio tiga bulan belakangan, para konsumen motor Matic di Indonesia mulai digoyang oleh pesona skutik Fashionable yang harganya lebih terjangkau dari Scoopy, namun punya beberapa kelebihan yang bikin motor ini kini mulai dilirik oleh banyak orang.
Sebut saja fitur lampu depan LED, charger HP di dalam bagasi, dan panel meter Digital, perlahan mulai menggoda banyak pihak yang sebagian besar dari mereka adalah calon pembeli Scoopy, yang kebanyakan adalah mereka yang harus sabar menunggu kehadiran motor Matic yang sangat diminati oleh pasar setelah Honda BeAT ini.
Berbagai alasan dikemukakan oleh para pembeli, baik yang menyorot spesifikasi, maupun yang berpaling dari Scoopy karena kelamaan menunggu Indent di Dealer. Dan disinilah DJB melihat, Genio mulai mengambil tempat di hati konsumen, secara perlahan. Dan tau gak kalian gaeeess, ternyata, tidak semua pembeli Genio itu adalah orang yang sama, dalam artian konsumen yang beli Genio, bukan merupakan konsumen yang berpaling dari Scoopy saja. Jadi hal ini membantahkan pendapat banyak orang, yang menganggap orang beli Genio adalah mereka yang berpaling dari Scoopy, tidak, pernyataan itu salah.
Lalu sekarang, kembali ke alinea pertama, mana sih yang lebih Nah, kalau diadu head to head, kira-kira bagusan mana sih antara Scoopy atau Genio? Berikut DJB buatkan komparasinya, silahkan digaaaasss dulu mana yang menurut kalian paling bagus nih Gaeesss…

Lampu depan
Lampu depan kedua motor ini telah menganut model LED, bedanya di Scoopy desainnya bundar dan memiliki sistem projektor, dan Genio lebih modern dengan wujud bertingkat namun tanpa projektor. Selain itu desain lampu sein juga berbeda cukup jauh, yakni di Genio posisi lampu sein lebih berjarak dari lampu utama, dan di Scoopy lebih dekat dengan lampu utama. Soal model, tentu relatif dong kalian bakal suka yang mana.

Lampu Depan Genio vs Scoopy

Lampu belakang
Desain lampu belakangnya sekilas masih ada kemiripan, namun bedanya tentu dari dimensi, Scoopy lebih padat di bagian bodi belakangnya, sementara Genio lebih imut dan posisi sein terpisah dari lampu rem. Faktor selera sih, Scoopy lebih semok kalau dari bagian ini, namun Genio juga gak kalah keren.

Lampu Belakang Genio (atas) dan Scoopy (bawah)

Panel Meter
Di bagian Panel Meter, memang terlihat perbedaan kentara, dimana di Scoopy masih mengadopsi model combine digital dengan penunjuk kecepatan masih analog menggunakan jarum, dan odometer serta fuel meter yang telah menganut model digital. Dan di Genio, bagian ini menjadi nilai tambah karena udah menganut model Full Digital, yang ringkas, canggih dan pastinya informatif.

Perbedaan antara Speedometer Genio (atas) dan Scoopy (bawah)

Kunci Kontak
Dan di bagian ini, jelas harga emang gak bohong. Scoopy tentu jadi yang terbaik berkat penyematan Remote Anti maling pada paket kuncinya, sementara Genio belum ada. Fitur ini juga berikan rasa aman bagi konsumen bila harus memarkir motornya, yaa walaupun tidak secanggih Smart Key System Honda pada PCX, ADV dan Vario 150, setidaknya fitur alarmnya worth it, dan ditambah fitur Answer Back System yang dapat mengetahui posisi motor ketika berada di parkiran yang luas.

Kunci Kontak Scoopy (atas) yang telah memiliki remote anti maling dan Answer Back System, sementara Genio (bawah) masih polos tanpa fitur tsb

Ban
Untuk ban, perbedaannya sangat mencolok, dimana Scoopy menggunakan Velg dan ban berdiameter 12 inchi yang lebar dan imut punya, sementara Genio menggunakan velg dan ban yang sama dengan BeAT atau Vario punya. Secara desain memang ban Scoopy terlihat lebih keren karena dimensinya yang sangat cocok untuk bodi, namun Genio punya dimensi yang lebih familiar dengan motor Matic pada umumnya, diameter 14 inchi yang tentu saja mudah menemukan ragam pilihan ban substitusinya.

Ban Genio (atas) rim 14 inchi sama seperti BeAT dan Vario, sementara Scoopy berdiameter 12 Inchi (bawah) lebih gambot dan terlihat cocok dengan desain bodi

Spesifikasi
Dan bagi kaum calon konsumen, alias yang belum langsung beli, tentu membandingkan dua atau lebih dari produk yang akan mereka beli, menjadi suatu keharusan tersendiri. Hal ini penting lho, walau misalnya selisih antara perbandingan keduanya tidak terasa, tapi bagi orang yang peduli akan detail, selisih tersebut akan dirasakan sangat cocok dengan kebutuhan. Misalnya aspek tenaga, walau selisihnya gak sampai 1 dk, hal ini pasti dianggap perlu. Nah, membandingkan keduanya secara spesifikasi lumrah dilakukan, baik lewat katalog/ brosur motornya, maupun dari impresi dan testimoni dari pemakai sebelumnya.

Tenaga beda tipislah gaeees, namun dari fitur, tetap ada plus minus masing-masing

Harga
Nah, ini dia parameter paling berpengaruh di pasar motor tanah air, harga. Ada harga ada rupa, tentu bener adanya. Untuk harga sendiri, memang terdapat gap yang lumayan terasa, baik untuk pembelian secara cash, apalagi secara kredit. Harga yang berjarak antara keduanya juga lumayan nih, dimana untuk Scoopy eSP memiliki harga Rp 18.650.000,- sementara Genio memiliki harga Rp 16.875.000,- untuk tipe CBS dan Rp 17.225.000,- untuk tipe CBS-ISS. Selisih harga yang hampir 2 juta Rupiah, tentu sangat terasa bagi sebagian konsumen. Lumayan lho angka segitu, itu baru untuk pembelian secara tunai, nah untuk pembelian kredit, selisih angsurannya juga makin terasa kan. Sebagai contoh, anggap sama-sama beli motor antara Genio dan Scoopy dengan menggunakan Uang Muka/ Down Payment sebesar 5 juta Rupiah, dan kita ambilDan disinilah biasanya penyumbang terbesar dari “migrasinya” para pembeli Scoopy berpindah ke Genio.

Kesimpulan
Bicara motor, tentu kita akan bicara mengenai semua proses dari hulu hingga ke hilir, gak hanya soal model atau harga semata. Dan tentu setiap opsi pilihan, jawabannya tentu saja kembali kepada kita masing-masing. Faktor desain, model, warna, fitur, spesifikasi dan lainnya, tentu akan terkalahkan dengan aspek lain yang tak kalah penting dalam penentuan keputusan mau beli motor tipe apa, yakni Harga.
Yaa kembali, di setiap ragam motor tentu terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi yaa kita sebagai konsumen tentu akan dapat merasakan, mau ambil yang mana untuk dibawa pulang.
Scoopy secara desain memang sangat semok dan menggoda, garis desain motornya jauh melompat dari versi pertama yang keluar dalam spek Karburator pada 2010 silam. Apalagi soal grafis warna dan desain, insinyur AHM makin kesini makin ketjeh badai kalau mau buat motor. Gak hanya di Scoopy, Genio pun juga bagus secara desain, sangat mencirikan motor dengan genre Fashionable, yang cocok sekali diajak nongrong. Belum lagi PCX, ADV, plus motor lainnya yang juga memiliki garis desain yang eye catching punya.
Dan faktor lain, sebut saja dengan inisial harga, wkwkwk. Ini juga menjadi sangat penting. Nah, seberapa penting? tentu kalian sebagai konsumen yang menentukan. Tapi sekilas, DJB bisa kasih gambaran nih, seberapa berpegaruh harga dalam pertimbangan pembelian motor, terutama dengan metode pembelian secara kredit. Cek gambar berikut;

DJB pribadi tentu akan galau saat harus memilih antara Scoopy atau Genio. Tapi jika udah liat tabel diatas, DJB pribadi tentu akan melihat, kira-kira dari RAPBN di rumah, selisih 3,6 juta tentu layak untuk dipertimbangkan. Lumayan lho gaeees, menghemat uang segitu dalam pembelian motor, udah bisa dibilang hal cukup bijak yang dapat dilakukan terutama bagi konsumen yang telah berumah tangga. Kalau bujangan mah sama kaya sultan, bebas, wkwkwk. Tapi sekali kalian telah menapaki biduk rumah tangga, beli ini itu gak bisa asal beli, harus ijin atau minimal sepengetahuan pasangan dulu nih, biar sama-sama enak dan sama-sama tahu. Karena memang kehidupan makin lama makin keras, kita gak tahu dong nanti akan seperti apa kedepannya. Jadi berhemat untuk pos pengeluaran yang bisa ditekan adalah sangat bijak dilakukan.
Well, it’s al yours. DJB coba gambarkan komparasi, namun di satu sisi tentu DJB adu juga harga keduanya, biar fair. Jadi semua kembali kepada kalian, soal selera adalah mutlak gak bisa dipaksakan. Jika mampu rasanya, silahkan ambil keduanya, eh salah satu maksudnya, wkwkwkwk. Tapi jika agak berat terasa, tentu pertimbangan finansial yang jadi alasan utamanya.
Eh, kalau kalian pilih mana Gaeeess, Scoopy apa Genio? DJB mah pilih keduanya ah, wkwkwkwk, kabuuuuuurrr….
By: DJBikers

Leave a Reply