Polresta Padang ungkap kasus Curanmor, 92 unit motor curian berhasil diamankan

Bismillah…
Selamat pagi gaeeesss, jumpa lagi di artikel terbaru DJB, di bulan yang baru, Februari 2020. Nah, ijin sharing lagi setelah sempat vakum beberapa minggu saking sibuk dan gilanya kerjaan kantor nih, hahahaha. Oke, kali ini kita mau share kasus curanmor yang diungkap oleh pihak Polresta Padang. Gak tanggung-tanggung, ada 92 unit motor curian yang berhasil diungkap oleh Polresta Padang, dan melibatkan 51 orang tersangka.

Dikutip dari hasil Press Release yang digelar oleh Polresta Padang, terdapat jumlah pelaku dan unit motor yang berhasil diamankan. Ada 31 kasus dimana Polisi berhasil mengamankan sebanyak 51 (lima puluh satu) orang tersangka dan 92 (sembilan puluh dua) unit Sepeda motor hasil Curanmor yang berhasil diungkap oleh jajaran Polresta Padang selama bulan Januari 2020.
Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan, S.I.K., M.Si pada acara Press Release hari Kamis (30/01/2020) di Mapolresta Padang. Setelah dilakukan pendataan dari Laporan Polisi, si pemilik Motor langsung dihadirkan pada kesempatan itu.


Kejahatan ini sudah sangat meresahkan masyarakat khususnya Kota Padang. Dalam melancarkan aksinya Tersangka mengincar sepeda motor yang sedang terparkir dengan cara merusak menggunakan kunci leter T.
Bahkan aksi mereka juga tergolong nekat, ia membawa kabur sepeda motor yang sedang terparkir dihalaman rumah sedang dalam keadaan hidup.
Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan, S.I.K., M.Si : “Kami menghimbau kepada seluruh lapisan Masyarakat khususnya Kota Padang agar lebih berhati-hati dalam memarkir kendaraan, Parkirlah ditempat yang mudah diawasi. Jangan lupa menggunakan kunci ganda karna Kejahatan ini akan selalu mengincar anda. Dan buat Masyarakat yang merasa kehilangan Sepeda motornya silahkan di cek disini dan tidak akan dipungut biaya sedikitpun”.

Nah, motor apa sih yang paling banyak dicuri oleh maling motor? Dari pemberitaan yang dirilis oleh Humas Polresta Padang, memang motor matic masih menjadi favorit. Motor-motor ini memang paling diincar oleh para maling, dengan berbagai alasan. Mulai dari kemudahan saat eksekusi, kemudahan mengangkut serta kemudahan untuk dijual ke penadah. Berbagai modus operandi pun digunakan oleh para maling motor ini. Mulai dari mencuri dalam kondisi terparkir di tempat umum, maupun dalam kondisi di dalam pekarangan rumah warga.

“Saya mengimbau masyarakat yang memiliki sepeda motor untuk membuat kunci ganda maksimal. Sehingga ketika kunci kontak utama berhasil dibobol maling, masih ada kunci ganda sebagai pengaman,” kata Yulmar seperti dikutip saat press release Kamis, 30 Januari 2020.

Tips mengurangi resiko Kemalingan
Nah, kalau bicara kemalingan, tentu ini adalah murni tindakan kriminal yang terjadi dengan segala faktor sebab akibatnya. Kenapa ada maling? jelas, selain karena faktor latar belakang pelaku, ternyata hal ini juga dipicu oleh aksi pelaku yang memanfaatkan kelengahan dan kelalain para pemilik kendaraan lho gaeeess. Jadi gini, maksudnya, selain karena memang ada rencana dari pelaku, faktor kelalaian pemilik kendaraan juga ada nih. Contoh menaruh motor tanpa pengawasan atau pengamanan yang layak. Atau lalai dalam meletakkan motor sementara kunci motor masih tergantung sehingga kesempatan bagi para pelaku untuk beraksi.
Nah, berikut beberapa tips untuk pengamanan motor dari aksi pencurian;
1. Parkir motor di tempat yang aman atau di tempat yang dapat diawasi
2. Tambahkan kunci pengaman ganda pada kendaraan
3. Pastikan fitur pengaman pada motor spt Secure Key Shutter dan alarm telah dipasang
4. Pasang stiker penanda di bodi motor untuk kemudahan pengenalan motor
5. Bagi motor Matic, jika memungkinkan kuncilah stang mengarah ke kanan
6. Sebaiknya, berikan asuransi bagi motor agar lebih aman

Aksi kriminal pencurian Sepeda motor memang disebabkan oleh niat dari para pelaku. Tapi satu hal yang tidak boleh abai adalah kesempatan. Jangan biarkan para pelaku memiliki kesempatan untuk beraksi, karena kelalaian kita dalam memarkir motor entah itu di rumah maupun di luar rumah. Karena kelalaian tersebut akan dibayar mahal jika kita akhirnya menjadi korban pencurian. Respek bagi pihak kepolisian yang telah bekerja keras untuk menekan angka curanmor baik di kota Padang khususnya, maupun di Indonesia pada umumnya.
Btw, Motor udah layaknya jadi kebutuhan primer kita saat ini sebagai rakyat negara berkembang seperti Indonesia. Dan bagi kita yang punya motor, ditimpa musibah kehilangan tentu akan sangat merepotkan. Urusan bisa terbengkalai, belum lagi biaya untuk penggantian juga akan bertambah. Maka, sebaiknya jangan abai dengan motor kita, semoga kita semua terhindar dari musibah kehilangan sepeda motor kedepannya ya gaaeess…
By: DJBikers

Leave a Reply